Latar Belakang Piala Dunia FIFA

Latar Belakang Piala Dunia FIFA

Piala Dunia FIFA telah berlangsung setiap empat tahun sejak turnamen pertama pada 1930 – dengan pengecualian 1942 dan 1946 karena Perang Dunia II – antara tim sepak bola nasional pria senior dari Federasi Internationale de Football Association (FIFA). Sejak turnamen perdananya, Piala Dunia FIFA – sekarang juga dikenal sebagai Piala Dunia Sepak Bola, Piala Dunia Sepak Bola, atau hanya Piala Dunia – telah menjadi kejuaraan olahraga yang paling banyak dilihat di dunia, dengan penonton televisi yang lebih besar daripada Permainan Olimpik.

Sejak tahun 1977 FIFA juga telah mengorganisir pemuda yang setara dari turnamen internasional, serta klub sepakbola setara dan setara untuk variasi sepakbola termasuk futsal dan sepak bola pantai. Pada tahun 1991, FIFA juga memperkenalkan sepakbola wanita yang setara dengan Piala Dunia, yang disebut Piala Dunia Wanita FIFA, yang pertama terjadi di Republik Rakyat Tiongkok antara dua belas negara dan dimenangkan oleh Amerika Serikat dan yang sekarang terjadi antara enam belas tim selama tiga minggu.

Ketika pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia telah terjadi pada tahun 1872, di Glasgow antara Skotlandia dan Inggris, pencipta permainan – serta pada saat turnamen sepak bola internasional pertama, Kejuaraan Rumah Inggris pertama, telah berlangsung dua belas tahun kemudian. pada tahun 1884 antara Skotlandia dan Irlandia – olahraga masih belum mendapatkan banyak perhatian internasional dan dimainkan sangat sedikit di luar Inggris. Namun demikian, permulaan popularitas internasional sepak bola mulai berkembang. Ketika negara-negara lain datang untuk mengakui olahraga di tahun-tahun berikutnya, itu masih hanya dianggap sebagai olahraga demonstrasi, terutama ketika datang ke Olimpiade; selama Olimpiade 1900 dan 1904, itu dimainkan sebagai acara, tetapi tanpa pemberian medali apa pun.

Pada tahun 1904, Federasi Internationale de Football Association (FIFA) didirikan di Paris sebagai badan penyelenggara internasional resmi yang terorganisasi yang akan mewakili kepentingan dan kemajuan sepakbola di seluruh dunia, dan di antara pesanan pertama bisnisnya adalah berusaha untuk membentuk turnamen sepak bola di luar konteks Olimpiade, meskipun butuh waktu bertahun-tahun bagi mereka untuk berhasil mencapai tujuan itu. Piala Dunia akan menjadi acara olah raga internasional premier yang berpuncak pada yang paling didambakan penghargaan olahraga Di dalam dunia.

Sejak 1966, setiap turnamen FIFA WC telah memiliki maskot sendiri, biasanya reflektif dalam beberapa cara dari negara tuan rumah yang diberikan tahun ini; dan baru-baru ini, setiap WC juga memiliki bola pertandingan resmi yang dirancang khusus untuk setiap tahun. Maskot pertama adalah Piala Dunia Willie, perwakilan singa dari host tahun itu, Inggris, mengenakan Union Flag Jersey yang bertuliskan "Piala Dunia." Pada tahun 1970, maskotnya adalah Juanito, seorang bocah laki-laki yang mengenakan perlengkapan dan sombrero, karena Meksiko adalah tuan rumah Piala tahun itu. Sejak itu, maskot lain memasukkan Naranjito (jeruk) untuk Spanyol pada tahun 1982; Pique (lada jalapeno) untuk Meksiko ketika mereka dihosting lagi pada 1986; Ciao (tokoh tongkat tri-warna Italia untuk Italia pada tahun 1990; Striker, WC Pup untuk Amerika Serikat pada tahun 1994; Footix (seekor ayam jago) untuk Perancis pada tahun 1998, dan Zakumi (seekor macan tutul) untuk Afrika Selatan pada tahun 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *